Menghapus Email Secara Massal di Zimbra – Assalamualaikum, pagi ini ada user internal yang mengirimkan email dalam jumlah banyak, diduga user tersebut sudah ketahuan passwordnya.
Untuk itu kita perlu melakukan langkah maintenance untuk menjaga reputasi IP Public Zimbra, diantara-nya ialah sebagai berikut :
- Melakukan Locked/Maintenance user tersebut
- Membersihkan antrian email
- Melakukan request delisting IP Public apabila sudah terkena blacklist
Disini kita hanya membahas untuk membersihkan antrian email dengan cara menghapusnya secara massal, sebenarnya untuk menghapus email secara massal bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu via Zimbra Admin Console atau Command Line.
Untuk Zimbra Admin Console, cukup masuk ke menu Monitor – Mail Queue dan lihat email yang tersuspect melakukan spamming lalu klik kanan dan Delete. Sedangkan, apabila menggunakan command seperti berikut :
/opt/zimbra/common/sbin/postqueue -p | tail -n +2 | awk 'BEGIN { RS = "" } / [email protected]/ { print $1 }' | tr -d '*' | /opt/zimbra/common/sbin/postsuper -d -
Note : untuk [email protected] dapat dirubah sesuai dengan user yang melakukan spamming saat ini dan bisa tanpa menggunakan domain, jadi masukan usernamenya saja
Refrensi | Baca juga : Mengubah Selector pada DKIM Zimbra
Semoga bermanfaat & enjoy, wassalamualaikum.
Sangat Bermanfaat, Terimakasih
sama-sama, Terimakasih juga bro 🙂