Mengatasi Too many SOAP sessions Zimbra – Assalamualaikum, beberapa saat yang lalu salah satu user di Zimbra yang berbeda antara mailbox server tidak bisa melakukan login zimbra dengan screenshot seperti berikut :
Saat dilakukan pengcekan service zimbra dalam keadaan berjalan dengan baik (running)
$ zmcontrol status
Host mbox1.rizkiana.my.id
convertd Running
logger Running
mailbox Running
service webapp Running
snmp Running
spell Running
stats Running
zimbra webapp Running
zimbraAdmin webapp Running
zimlet webapp Running
zmconfigd Running
Kami mencoba melakukan pengecekan melalui log mailbox.log yang ada diserver zimbra mailbox, dan kami mendapati pesan error berikut pada log tersebut :
2019-08-12 11:55:00,877 INFO [qtp335471116-8945932:http://localhost:8080/service/soap/AuthRequest] [[email protected];oip=172.20.9.206;ua=zclient/8.8.8_GA_2009;soapId=16314ecc;] soap - AuthRequest elapsed=12919
2019-08-12 11:55:00,877 INFO [qtp335471116-8945932:http://localhost:8080/service/soap/GetInfoRequest] [[email protected];mid=287;oip=172.20.9.206;ua=zclient/8.8.8_GA_2009;soapId=16314f0e;] soap - GetInfoRequest elapsed=212
2019-08-12 11:55:01,623 INFO [qtp335471116-8961442:http://localhost:8080/service/soap/AuthRequest] [[email protected];oip=172.20.9.206;ua=zclient/8.8.8_GA_2009;soapId=16314fea;] session - Too many SOAP sessions (6 > 5), closing SoapSession{id=17067451, authAcct=71d8ce12-8763-4af4-9c97-fa84d19400d8, lastAccessed=2019-08-12 11:49:47,906}
Terlihat ada anomali berikut yang didapatkan pada log tersebut session – Too many SOAP sessions (6 > 5), dimana SOAP sessions terlihat melebihi value yang ada yaitu 5.
Nilai 5 tersebut adalah nilah default yang berada di zimbra.
Untuk mengatasi too many SOAP sessions Zimbra ini kalian bisa menaikan nilai session soap zimbra menjadi 10 atau lebih dengan cara menjalankan command berikut :
- Cek nilai soap session limit yang ada pada server zimbra mailbox dengan menggunakan user zimbra
# su - zimbra
$ zmlocalconfig | grep zimbra_session_limit_soap
zimbra_session_limit_soap = 5
- Lakukan perubahan nilai tersebut menjadi 10 atau 15. Disini kami merubah menjadi 10 ya.
$ zmlocalconfig -e zimbra_session_limit_soap=10
- Setelah perubahan dilakukan, restart service zimbra mailbox.
# su - zimbra
$ zmmailboxdctl restart
- Lakukan pengecekan kembali menggunakan user zimbra dengan askes ke zimbra web client dan pada mailbox.log untuk memastikan tidak ditemukan kembali log dengan pesan too many soap session.
Refrensi | Baca juga : Mengatasi CSFE_SVC_ERROR HTTP response status 502 Zimbra
Semoga bermanfaat & enjoy. Wassalamualaikum.