Mengatasi Status Scanning di Mail Queue Zimbra – Assalamualaikum, jadi beberapa hari yang lalu ada klien yang menanyakan mengapa di Mail Queue Zimbra Status-nya hanya Scanning saja, sehingga keterangan Deffered yang ada di Mail Queue tidak muncul.
Kami sudah mencoba melakukan beberapa action seperti berikut :
# su - zimbra
# /opt/zimba/libexex/zmsyslogsetup
$ zmsshkeygen
$ zmupdateauthkeys
Namun hasilnya masih gagal sampe kami restart service zimbra dan reboot server MTA-nya saja namun masih belum bisa, karena tidak ada log yang mengindikasikan adanya error tersebut, kami melakukan monitoring log zimbra-stats.log juga tidak ada informasi error hehe
Yang perlu diketahui klien kami menggunakan zimbra multi arsitektur dan ini hanya terjadi pada salah satu server MTA-nya saja, di server MTA yang lain normal untuk menampilkan mail queue-nya.
Sampai akhirnya kami melakukan reset logger zimbra dengan menggunakan command berikut /opt/zimbra/libexec/zmloggerinit namun masih gagal juga hehe 😀
Akhirnya kami coba open ticket ke support zimbra menanyakan terkait issue tersebut, dikarenakan klien kami menggunakan Zimbra Network Edition maka akan mendapatkan dukungan langusng dari support zimbra. Support zimbra juga sudah memberikan beberpa saran namun issue masih belum solved juga.
Sampai sini dirasa mentok, karena bingung mau ngapain lagi hehe karena saran dari support zimbra belum bekerja juga. Sampe akhirnya iseng untuk melakukan restart service semua server zimbra ketika tengah malam dan harus izin dulu pastinya ke klien kalo kami mau ada restart service zimbra semua server-nya dan alhamdulillah issuenya berhasil solved hehe 😀 #alhamdulillah
Terlampir screenshotnya setelah melakukan restart service zimbra semua server. Maka bisa ditarik sedikit kesimpulan cara untuk mengatasi status scanning di mail queue zimbra dengan melakukan restart service zimbra hehe 😀
Baca juga : Mengubah Notifikasi Quota di Zimbra
Semoga bermanfaat & enjoy. Wassalamualaikum