Mengatasi Red X di Zimbra Admin Console – Assalamualaikum, jadi disalah satu klien kami menginfokan kalo Server Status yang ada di menu Monitor pada Zimbra Admin Console-nya berwarna merah (Red X) atau not running.
Setelah kami lakukan pengecekan menggunakan akses remote langsung ke server (ssh), ternyata semua service zimbra dalam keadaan berjalan dengan baik (running).
# su - zimbra
$ zmcontrol status
Host mail.rizkiana.my.id
amavis Running
antispam Running
antivirus Running
convertd Running
dnscache Running
ldap Running
logger Running
mailbox Running
memcached Running
mta Running
opendkim Running
proxy Running
service webapp Running
snmp Running
spell Running
stats Running
zimbra webapp Running
zimbraAdmin webapp Running
zimlet webapp Running
zmconfigd Running
Yang ada dipikiran kami pertama kali ketika melihat error tersebut ialah adanya masalah dengan logger server zimbra, kami juga sudah menjalankan beberapa action yang diinformasikan oleh wiki zimbra yang ada pada LINK ini, namun belum berhasil juga.
Dugaan berikutnya ialah ada issue rsyslog pada sisi OS, berikut ialah konfigurasi yang kami lakukan utnuk mengatasi Red X di Zimbra Admin Console .
- Buka file rsyslog.conf yang berada pada direktori /etc
# vim /etc/rsyslog.conf
- Disable line berikut, pastikan backup untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan
#$ModLoad imjournal # provides access to the systemd journal
#$IMJournalStateFile imjournal.state
#$IncludeConfig /etc/rsyslog.d/*.conf
- Pada line ke 40, rubah status OmitLocalLogging dari on ke off
$OmitLocalLogging off
- Stop rsyslogd dan hapus file imjournal.state dari direktori /var/lib/rsyslog
systemctl stop rsyslog.service
rm -rf /var/lib/ryslog
- Start service rsyslog kembali untuk memastikan service rsyslog sudah berjalan kembali
systemctl start rsyslog.service
- Dan alhamdulliah semua service zimbra yang berada di Zimbra Admin Console saat ini sudah hijau kembali (Running).
Refrensi | Baca juga : Mengatasi Null Pada Disclaimer Zimbra
Semoga bermanfaat & enjoy. Wassalamualaikum
sudah mengikuti cara di atas tapi masih belum berhasil,,,apakah perlu restart service zimbra nya atau cukup restart service rsyslognya aja ya
Cukup restart service rsyslog saja seharusnya.
Pakai versi berapa? pastikan crontab tidak ada yang hilang juga ya
mau tanya dong min, saya newbie sama server mail zimbra. saya buka email perusahaan pake zimbra, tp kalo pake versi yg ajax folder pesan nya tidak bisa di buka jd tidak bisa kirim email. kalo terima email bisa. kenapa ya? mohon pencerahan nya
Hallo mas,
ini berlaku semua user jika pake ajax folder pesannya tidak bisa dibuka? Jika iya, kemungkinan ada problem di network/bandwidth nya #cmiiw
versi zimbra berapa mas?