Mengatasi Red X di Zimbra Admin Console

Mengatasi Red X di Zimbra Admin Console – Assalamualaikum, jadi disalah satu klien kami menginfokan kalo Server Status yang ada di menu Monitor pada Zimbra Admin Console-nya berwarna merah (Red X) atau not running.

Setelah kami lakukan pengecekan menggunakan akses remote langsung ke server (ssh), ternyata semua service zimbra dalam keadaan berjalan dengan baik (running).

# su -  zimbra
$ zmcontrol status
Host mail.rizkiana.my.id
        amavis                  Running
        antispam                Running
        antivirus               Running
        convertd                Running
        dnscache                Running
        ldap                    Running
        logger                  Running
        mailbox                 Running
        memcached               Running
        mta                     Running
        opendkim                Running
        proxy                   Running
        service webapp          Running
        snmp                    Running
        spell                   Running
        stats                   Running
        zimbra webapp           Running
        zimbraAdmin webapp      Running
        zimlet webapp           Running
        zmconfigd               Running

Yang ada dipikiran kami pertama kali ketika melihat error tersebut ialah adanya masalah dengan logger server zimbra, kami juga sudah menjalankan beberapa action yang diinformasikan oleh wiki zimbra yang ada pada LINK ini, namun belum berhasil juga.

Dugaan berikutnya ialah ada issue rsyslog pada sisi OS, berikut ialah konfigurasi yang kami lakukan utnuk mengatasi Red X di Zimbra Admin Console .

  • Buka file rsyslog.conf yang berada pada direktori /etc
# vim /etc/rsyslog.conf
  • Disable line berikut, pastikan backup untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan
#$ModLoad imjournal # provides access to the systemd journal
#$IMJournalStateFile imjournal.state
#$IncludeConfig /etc/rsyslog.d/*.conf
  • Pada line ke 40, rubah status OmitLocalLogging dari on ke off
$OmitLocalLogging off
  • Stop rsyslogd dan hapus file imjournal.state dari direktori /var/lib/rsyslog
systemctl stop rsyslog.service
rm -rf /var/lib/ryslog
  • Start service rsyslog kembali untuk memastikan service rsyslog sudah berjalan kembali
systemctl start rsyslog.service
  • Dan alhamdulliah semua service zimbra yang berada di Zimbra Admin Console saat ini sudah hijau kembali (Running).
Server Status Zimbra Admin Console
Server Status Zimbra Admin Console

Refrensi | Baca juga : Mengatasi Null Pada Disclaimer Zimbra

Semoga bermanfaat & enjoy. Wassalamualaikum

4 thoughts on “Mengatasi Red X di Zimbra Admin Console”

  1. sudah mengikuti cara di atas tapi masih belum berhasil,,,apakah perlu restart service zimbra nya atau cukup restart service rsyslognya aja ya

    Reply
  2. mau tanya dong min, saya newbie sama server mail zimbra. saya buka email perusahaan pake zimbra, tp kalo pake versi yg ajax folder pesan nya tidak bisa di buka jd tidak bisa kirim email. kalo terima email bisa. kenapa ya? mohon pencerahan nya

    Reply
    • Hallo mas,

      ini berlaku semua user jika pake ajax folder pesannya tidak bisa dibuka? Jika iya, kemungkinan ada problem di network/bandwidth nya #cmiiw

      versi zimbra berapa mas?

      Reply

Leave a Comment