Mengatasi 500 Internal Server Error – Nginx Zimbra

Mengatasi 500 Internal Server Error – Nginx Zimbra – Assalamulaikum, akhir-akhir ini disalah satu klien tempat kerja sering mengalami error seperti berikut ketika mengakses mail server-nya (Zimbra).

error ketika akses webmail
Error ketika akses webmail

Setelah dilakukan pengecekan pada log yang ada di Zimbra, kami menemukan log berikut:

2019/02/07 03:50:20 [alert] 28677#0: *12758541 10240 worker_connections are not enough while connecting to upstream, client: 172.xxx.xxx.15:33322, server: 0.0.0.0:995, login: "user.name", upstream: 172.xxx.xxx.3:7995 (172.xxxx.xxx.15:33322->172.xxx.xxx.10:995) <=> (->)

Dari log tersebut mengindikasikan ada permintaan yang cukup tinggi dari IP 172.xxx.xxx.15 (Server Load Balancer), sehingga menyebabkan error tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut dapat menjalankan command berikut :

# su - zimbra
$ zmprov ms `zmhostname` zimbraReverseProxyWorkerConnections 20480
$ zmproxyctl restart

Sampai saat ini pada log Zimbra sudah tidak menemukan log seperti diatas dan sudah tidak dikeluhkan lagi error seperti tersebut.

Baca juga : Cara Memperpanjang Mail Queue Zimbra

Semoga bermanfaat & enjoy, wassalamualaikum.

Leave a Comment