Mengatasi data is stale di Zimbra Admin Console – Assalamualaikum, jadi beberapa waktu yang lalu, salah satu klien ditempat kerja menanyakan adanya keanehan yang terjadi pada Zimbra Admin Console yang mereka gunakan.
Yaitu pada Menu Monitor terlihat status Zimbra Admin Console Running (Hijau semua) namun ada keterangan data is stale pada bagian sebelah Time seperti berikut :
Biasanya issue tersebut berasal dari date atau jam pada server zimbra yang tidak benar (not sync) dan ternyata benar jam pada server tersebut tidak sesuai dengan jam saat ini.
Dikarenakan disisi klien tidak memiliki NTP server maka kita akan set NTP dengan memanfaatkan NTP public dengan menjalankan command berikut :
# ntpdate 0.id.pool.ntp.org
30 May 00:51:00 ntpdate[19587]: step time server 103.28.56.14 offset 1591.865205 sec
Lakukan pengceken kembali pada zimbra admin console apabila masih mengalami hal yang sama coba lakukan clear cache pada browser anda atau bisa dengan cara menggunakan mode incognito.
Namun apabila masih belum bisa juga, maka lakukan restart service rsyslog pada server zimbra dengan command berikut :
# /opt/zimbra/libexec/zmsyslogsetup
updateSyslog: Updating /etc/rsyslog.conf...done.
# systemctl restart rsyslog.service
Setelah command tersebut dijalankan, alhamdulillah data is stale di zimbra admin console berhasil menghilang dan jam server zimbra juga sudah sesuai (sync) dengan waktu yang benar. 😀
Refrensi | Baca juga : Mengatasi Error Uploading File Attachment Zimbra
Semoga bermanfaat & enjoy. Wassalamualaikum
dear,
saya mengalami hal yang sama ( Data is Stale) , namun ini terjadi pada service Zimbra Docs.
mohon pencerahannya, bagaimana mengatasinya.
regards,
Josef
Hallo mas,
Mohon maaf baru reply, namun fungsi dapat berjalan dengan normal ya?
Pastikan jalankan command zmupdateauthkeys ya dari server logger